RSS

Kenapa Bisnis Jaringan (MLM)?

02 Sep

Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa bisnis yang saya tawarkan adalah bisnis jaringan (MLM). Padahal bisnis ini bagi beberapa orang sangat memberatkan dan menyulitkan (mencari orang/downline). Dan juga bisnis jaringan ini bagi beberapa orang lainnya menjadi pengalaman pribadi yang tidak menyenangkan.

Saya pribadi, sering sekali berbisnis jaringan semacam ini. Dan semua bisnis jaringan yang saya ikutin itu, bisa dibilang GAGAL semua. Tidak ada yang bertahan dan berkembang. Tak terhitung banyaknya bisnis jaringan yang saya ikuti. Dan tak terhitung banyaknya uang yang saya keluarkan untuk menjadi modal dan juga untuk memenuhi ketentuan tutup point. Namun, semua perjuangan itu sia-sia. Semua gagal sebelum berkembang.

            Ada salah satu bisnis jaringan yang mengatakan sebagai bisnis yang paling berpengalaman, tidak hanya di Indonesia, namun juga di dunia. Ada juga yang mengatakan bisnisnya sebagai yang paling menjanjikan kesuksesan dan kemudahan. Namun dari pengalaman pribadi itu, saya dapat menarik kesimpulan bahwa, bisnis V-Net adalah yang paling mudah, paling menjanjikan dan paling ringan.

 

Awal Kesuksesan Bisnis adalah Jaringan

            Semua bisnis, dalam segala bidang, mempunyai faktor kesuksesan yang sama. Yaitu jaringan. Bukan hanya jaringan dalam bentuk downline/member, namun jaringan dalam artian yang luas. Termasuk di dalamnya adalah jaringan komunikasi yang baik, jaringan koneksi yang kuat, jaringan transportasi yang aman dan jaringan-jaringan lainnya. Semua bisnis, baik skala besar maupun kecil membutuhkan jaringan yang kuat dan solid agar bisnis dapat berjalan lancar dan langgeng. Seorang tukang cukur, bila tidak mempunyai pelanggan tetap tiap bulannya, maka usahanya sangat sulit berkembang.

            Namun bila dia mampu memberikan pelayanan yang prima sehingga mempunyai pelanggan tetap, maka dia tidak perlu khawatir mengenai kelangsungan usahanya. Karena secara tidak langsung, usahanya akan tertolong oleh pelangggan-pelanggannya itu. Bahkan bila dia mampu membangun jaringan komunikasi yang baik dengan pelanggannya tadi, usahanya dapat berkembang. Dengan menggunakan promosi dari mulut ke mulut melalui pelanggannya tadi, pelanggannya tadi dapat mengajak teman-teman lainnya untuk menjadi langganannya juga. Ini baru bisnis skala kecil. Skala besar, tentu membutuhkan jaringan yang lebih kompleks dan solid lagi.

            Terbukti bahwa jaringan sangat ampuh dan menjadi salah satu faktor kesuksesan bisnis. Bila mampu membina jaringan yang kokoh, maka bisnis dapat dibangun untuk masa depan yang juga lebih tahan cobaan dan tantangan. Yang dapat diumpamakan sebagai membangun pondasi bangunan untuk membangun gedung yang indah dan kokoh. Bila jaringan yang dibangun sebagai awalan tidak kokoh, dibangun asal-asalan saja, maka bisnis yang dibangun mungkin untuk waktu yang singkat (pendek) dapat bertahan, namun seiring dengan perkembangan waktu dan jaman, bisnis tersebut dapat dengan mudah tumbang bila ada tantangan yang lebih besar menghadang.

 

Bisnis yang Paling Sukses adalah Bisnis Jaringan

            Sekarang, bila kita amati di sekeliling kita. Maka kita akan melihat semua bisnis yang berkembang pesat dan dapat bertahan menghadapi segala cobaan adalah bisnis jaringan. Ambil contoh adalah McDonald’s. Dimana saja kita berada, kita selalu dapat menemui gerainya. Bukan hanya sekedar ”tampil” namun juga gerai-gerai tersebut selalu ramai dikunjungi pembeli dan sukses menggaet pelanggan.

            Contoh lainnya adalah Carrefour, Alfamart dan Indomart. Semuanya menggunakan prinsip bisnis jaringan juga. Yang terlibat dalam kesuksesan semua cabangnya adalah jaringan pemasaran yang kuat, sistem jaringan yang solid, serta bagusnya edukasi pembinaan dalam pengembangan bisnis. Para pemain bisnis tersebut, bila ingin meningkatkan penghasilannya, bukan dengan cara menaikkan harga dari barang yang dijual, tetapi adalah dengan menambah cabang/jaringan di tempat lain.

            Terlihat juga, betapa bisnis jaringan memegang peranan penting dalam perkembangan bisnis di masa depan.

 

Kesuksesan Bukan Hanya Untuk Pribadi

            Selain alasan-alasan diatas, saya memilih bisnis jaringan ini karena bisnis ini ”memaksa” saya untuk mengajak dan membantu orang lain untuk sukses. Dalam bisnis bidang lain, mungkin kesuksesan hanya akan dinikmati sendiri tergantung dari kerja keras pribadi masing-masing. Namun dalam bisnis ini, kesuksesan selalu identik dengan kebersamaan dan kerjasama. Saya sukses bila rekan saya, downline saya, tim saya sudah sukses. Bila mereka sukses, maka saya akan sukses pula. Bila mereka tidak saya bantu untuk sukses, maka saya tidak akan bisa sukses.

            Dengan keadaan ini, maka mau tidak mau, sadar atau tidak, kesuksesan akan dinikamti banyak orang. Dengan bisnis ini, di masa depan bisa diciptakan masyarakat yang bebas dari krisis finansial. Di masa depan, bisa diraih kesuksesan massal. Semua bisa terwujud dengan kerjasama dan tim yang solid, mau berkeja keras bersama, saling membantu, saling menguatkan, saling memberi motivasi, dan saling tukar informasi. Sehingga, dalam pikiran saya, dalam bayangan saya, bisnis kerakyatan dalam wujud nyatanya adalah bisnis ini. Bukan pribadi yang akan menikmati kesuksesan. Bukan juga golongan. Tetapi masyarakat luas yang tentu saja mereka yang dengan sadar bergabung dalam membangun bisnis ini.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada September 2, 2008 in Bisnis

 

Tag: , , ,

One response to “Kenapa Bisnis Jaringan (MLM)?

  1. didik

    April 18, 2009 at 9:02 am

    Saya yakin 100% persen apabila Saya ikut Bisnis MLM ini, saya PASTI sukses Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, Bagi temen-temen Yang belum bergabung Cepet bergabung Lihatlah yang telah sukses jangan lihat yang gagal, saya berani pastikan orang yang gagal itu pasti menyerah lebih awal dan gak mau berusaha, lihatlah yang sudah berhasil dan jadikan dia contoh, kalau kita berusaha kita PASTI sukses

    didik.s

     

Tinggalkan Balasan

 
