RSS

Penipuan di Web Blog

10 Sep

Internet saat ini sudah menjadi teknologi yang bisa digunakan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat dengan berbagai tujuannya. Mulai dari lapisan “bawah” yang hanya ingin sekedar mencari hiburan jenis lain sampai dengan kelas “atas” demi kepentingan menambah pundi-pundi hartanya. Dengan kemudahan akses internet sampai pelosok desa, maka internet menjadi salah satu alat komunikasi yang mempunyai banyak “pemirsa”.

Internet bagi sebagian pemakainya digunakan untuk mencari teman baru, atau pekerjaan baru, atau juga “korban” baru. Saat ini, kebutuhan hidup yang semakin tinggi, biaya pendidikan yang semakin besar, dengan penghasilan yang belum beranjak dari P7 (pergi pagi pulang petang pendapatan pas-pasan), membuat orang semakin kreatif. Sebagian kreatif memanfaatkan internet untuk mendapatkan tambahan duit biar segera lepas dari P7, sebagian lagi memanfaatkan “orang yang memanfaatkan internet buat nambah duit” tadi (selanjutnya disebut ‘penipu’).

Dengan iming-iming hasil menggiurkan dan besar, kerja sangat ringan, modal sangat kecil, waktu yang relatif sangat singkat, mereka (para penipu) menjaring mangsanya. Tampilan website yang menarik, testimoni yang meyakinkan dari para “suksesor” menjadi salah satu modal atau umpannya. Bila kita tidak teliti, tidak jeli melihatnya, mungkin tidak akan ada perbedaan antara yang menawarkan bisnis “beneran” dengan yang menawarkan bisnis “bener-bener penipuan”.

Bagaimana caranya yang mudah untuk membedakan antara penipu dan bukan? Gak ada cara yang mudah sebenarnya. Namun dengan berhati-hati dan waspada, kita dapat menghindari hal-hal yang gak diinginkan oleh kita (tetapi diinginkan oleh penipunya). Bisa dengan cara mencari di Mbah GOOGLE keterangan tentang bisnis yang ditawarkan, bisa dengan cara nanya ma orang yang udah njalaninnya. Yang mungkin cara yang gak bisa dilakukan bila udah ada sangkutannya dengan internet adalah nanya dengan Mbah Dukun. Pasti jawaban yang dikasihnya jauh dari bener. Lah wong beda “alam”. Satunya dunia paranormal, setan dan dedemit, satunya dunia maya. Apalagi kalau nanya soal bisnis penipuan lewat internet dengan Dukun Bayi.

Walaupun saya, penulis, udah berusaha dengan baik dan penuh waspada agar tak tertipu oleh kata-kata manis di internet, suatu waktu penulis juga kena batunya. Seperti kata pepatah, seganteng-gantengnya seorang cowok, suatu waktu pasti pernah juga ketimpa ember.

Ceritanya, waktu itu penulis tertarik dengan salah satu judul tulisan di blog wordpress ini juga yang menjadi salah satu tulisan populer saat itu. Judulnya “Cara Berinternet Gratis dengan Mentari”. Wuih…gimana gak menggiurkan tuh. Penulis kan termasuk salah seorang internetholik. Langsung aja penulis klik dan ternyata, isinya adalah penipuan. Dengan lugu dan tanpa bersalah, si pemilik blog nulis yang kira-kira intinya adalah begini :

“bila ingin berinternet gratis dengan mentari, cobalah masuk ke google lalu ketik “internet gratis dengan Mentari”. Pasti akan ada banyak hasil yang didapat. Silahkan di teliti, diklik satu demi satu. Pasti diantara sekian banyak itu akan ada cara yang jitu dan benar. Nah, kalau udah ketemu, silahkan hubungi saya karena saya juga mau internetan gratis pake mentari”

Gimana nggak dongkol tuh….. Yah tapi lumayan lah…sebagai salah satu pengalaman yang bisa diceritakan kembali.

Kembali ke masalah penipuan tadi. Saya hanya bisa menghimbau dan mengingatkan kepada semua pihak yang berniat baik dan bertujuan mulia, mencari nafkah tambahan buat keluarga, berhati-hatilah terhadap penipuan bisnis. Jangan mudah tergiur dengan iming-iming luar biasa yang ternyata ujung-ujungnya merugikan. Teliti dahulu agar tak menyesal kemudian. Cari dengan baik, keterangan tentang bisnis tersebut.

Contoh website yang ngasih keterangan jelas tentang suatu bisnis bisa klik disini atau disini.

Selamat berbisnis, dan sukses selalu

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 10, 2008 in Bisnis, Tips & Trik

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: